KOMPARASI PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN ANTARA METODE TRADISIONAL DENGAN ACTIVITY BASED COSTING DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Yulia Citra Pesona, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
M. Andryzal Fajar, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil perhitungan Biaya Pendidikan antara Metode Tradisional dengan Metode Activity Based Costing di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) menghitung biaya pendidikan menggunakan Metode Tradisional, 2) menghitung biaya pendidikan menggunakan Metode Activity Based Costing, 3) membandingkan hasil perhitungan berdasarkan kedua metode. Hasil penelitian menunjukkan, dengan acuan perhitungan metode Activity Based Costing, dapat disimpulkan bahwa dalam hasil perhitungan metode Tradisional terdapat 3 biaya yang masuk kategori undercosting dan 6 biaya yang masuk kategori overcosting.

 

Kata kunci: Biaya Pendidikan, Metode Tradisional, Metode Activity Based Costing, Undercosting,

                    Overcosting.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.