IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKTIVA TETAP
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada kompetensi dasar Aktiva Tetap kelas XI Akuntansi 2 SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 melalui pengimplementasian Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri (PBI) dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas XI Akuntansi 2 SMK 17 Magelang tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Dalam penelitian ini telah ditunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar pada Kompetensi Dasar Aktiva Tetap, dengan perolehan hasil penelitian yang didapatkan melalui 2 siklus yaitu menghasilkan skor rata-rata aktivitas siswa 62,77% dan 82,34%. Pada siklus kedua ditunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa di dalam kelas sudah mencapai indikator keberhasilan (75%).
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Inkuiri Terbimbing, PTK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.