PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; (2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; dan (3) Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx1y=0,851; r2x1y=0,724; Y=1,394 X1 + 40,111. (2) terdapat penaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestai Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan rx2y=0,645; r2x2y=0,416; Y=0,863 X2 + 41,266. (3) terdapat pengaruh positif Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan Ry(1,2)=0,864; R2y(1,2)=0,747. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 74,73%dan masih ada 25,27% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.
Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.