PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR JASA BANK LAINNYA BERBANTUAN EDMODO UNTUK SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Muhammad Khaidar Rohman, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penilitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan edmodo, sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017; mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantuan edmodo pada kompetensi dasar jasa bank lainnya berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru; serta mengetahui respon siswa mengenai media yang dikembangkan tentang kemenarikan dan perlu atau tidaknya penggunaan media untuk pembelajaran.Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan research and development (R&D) dengan model pendekatan pengembangan menggunakan ADDIE. Hasil penilaian yang didapat: 1) Dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,18 (layak), 2) Dari ahli media mendapatkan rerata skor 4,05 (layak), 3) Dari guru mendapatkan rerata skor 4 (layak). 4) Implementation, uji coba produk untukmenghasilkan data angket respon siswa, dengan hasil yang didapat tentang kemenarikan media mendapatkan pesentase 78% (menarik), 2) Angket respon siswa tentang perlu/tidaknya penggunaan media pembelajaran mendapatkan rerata skor 3,35 (netral).

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbantuan Edmodo, Edmodo, Respon siswa, ADDIE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.