PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Muhammad Asri Saputra, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Adeng Pustikaningsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,216; r2x1y = 0,047; thitung (2,100)> ttabel (1,987); terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,256; r2x2y = 0,065; thitung (2,507)> ttabel (1,987); terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx3y = 0,277; r2x3y = 0,086; thitung (2,734)> ttabel (1,987); terdapat pengaruh positif Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(123) = 0,298; R2y(123) = 0,089; Fhitung (2,850) > Ftabel (2,708).

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.