PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DANA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU (STUDI KASUS PADA GURU AKUNTANSI SMK SE-KABUPATEN SLEMAN)
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Anggaran, faktor Partisipasi Anggaran yang memengaruhi Kepuasan Kerja, dan pengaruh Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah terhadap Kepuasan Kerja pada Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1)Partisipasi Anggaran Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman dalam penyusunan anggaran dana sekolah sebesar 70,67%; (2)Faktor Partisipasi Anggaran yang memengaruhi Kepuasan Kerja Guru adalah (a)Kontribusi dalam penyusunan anggaran; (b)Frekuensi keterlibatan dalam penyusunan anggaran; (c)Besarnya pengaruh yang dirasakan guru dalam penyusunan anggaran; (3)Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman ditunjukkan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,407, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,166 berarti Partisipasi Anggaran berkontribusi sebesar 16,6% terhadap Kepuasan Kerja Guru dan persamaan regresi adalah Y = 74,690 + 0,7X dengan t hitung (3,835) > t tabel (1,995) pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci: Partisipasi Anggaran, Guru Akuntansi, Kepuasan Kerja
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.