PEMANFAATAN GRUP FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI 1 TAHUN AJARAN 2016/2017 SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Ari Kuswanto, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan grup facebook sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi  untuk meningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas X Akuntansi 1 Tahun Ajaran 2016/2017 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pola One Group Pretest Posttest.Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan grup facebook dapat meningkatkan keaktifan siswa hingga 14,46 % dengan nilai t hitung 6,680 dan signifikansi probabilitas sebesar 0.000 < 0,05.Pemanfaatan grup facebook dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga 40,04 % dengan nilai t hitung 29,365 dan signifikansi probabilitas sebesar 0.000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan grup facebook dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Sehingga, hipotesis yang diajukan diterima.

                                                                                                 

Kata kunci:Pemanfaat, Grup Facebook, Media Pembelajaran, Keaktifan, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.