PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,525; r2x1y = 0,276; thitung 4,453; ttabel 2,007; 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar dengan rx2y = 0,519; r2x2y = 0,269; thitung 4,376; ttabel 2,007 3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Rx12y = 0,630; R2x12y = 0,397; Fhitung 16,768; Ftabel 3,18. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 53,54% dan Sumbangan Efektif 21,26%. Sumbangan Relatif Lingkungan Teman Sebaya46,46% dan Sumbangan Efektif sebesar 18,44%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.