PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA DART BOARDUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Bhakti Karya Magelang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media Dart Board. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang dipilih yaitu penerapan konsep lingkungan hidup dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Bhakti Karya Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Keaktifan Belajar, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media Dart Board dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Bahkti Karya Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disetiap indikator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 12,22% dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus I sebesar 70,00% menjadi sebesar 82,22% dari skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus II.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT), Media Dart Board, Keaktifan Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.