PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah siswa yang sudah memperoleh mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK YPKK 3 Sleman berjumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y=0,717; r2x1y=0,514; thitung>ttabel(7,417>2,006); terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx2y=0,635; r2x2y=0,403; thitung>ttabel(5,929>2,006); terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx3y=0,627; r2x3y=0,393; thitung>ttabel (5,807>2,006); terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan= 0,760; = 0,578; >(22,825>1,585)
Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.