PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI

Mar Atus Solikhah, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, 2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi penelitian adalah 160 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 110 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri se-Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.