PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Cahyo Adi Nugroho, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Mimin Nur Aisyah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perhatian Orang Tua berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,647; r2x1y = 0,419; 2) Disiplin Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,460; r2x2y = 0,211; 3) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,666; r2x3y = 0,443; dan 4) Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(123) = 0,706; R2y(123) = 0,499, dengan total sumbangan efektif 49,89% yang artinya Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 49,89% dan 50,11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.