PENGARUH ASPIRASI SISWA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Puji Lestari, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Aspirasi Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Y=0,582X1+29,661; 0,572; =0,327; thitung>ttabel (7,281>1,657); terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Y=0,746X2+22,711; =0,653; =0,427; thitung>ttabel (9,681>1,657); terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Y=0,380X3+45,078; =0,399; = 0,159; thitung>ttabel (4,886>1,657); terdapat pengaruh positif Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Y=0,246+0,530X2+0,322X3+7,175; Ry(1,2,3)=0,759; R2y(1,2,3)=0,576; Fhitung>Ftabel (56,111>2,68).

                                                                                                 

Kata kunci : Motivasi Belajar Akuntansi, Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, Pemanfaatan Sumber Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.