IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Oktaviani Mulyati, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih adalah Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Motivasi Akuntansi didapat melalui observasi dengan pedoman observasi diperoleh skor sebesar 72,656% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 81,510% pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 9,114% dan berdasarkan angket terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 6,424% di mana skor pada siklus I sebesar 72,830% meningkat menjadi 79,253% pada siklus II.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.