PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Mety Andriyan Agustina, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y = 0,377; r2x1y = 0,142; (2) Terdapat pengaruh positif Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx2y = 0,636; r2x2y = 0,404; (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Ryx1x2 = 0,666; R2yx1x2 = 0,444; sumbangan efektif varibel Motivasi Belajar 8,28% dan variabel Kompetensi Guru 36,12%

                                                                                                 

Kata kunci      :           Motivasi Belajar Siswa, Kompetensi Guru, dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.