PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD KELAS IV-VI DI YOGYAKARTA DAN KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI LOKASI SEKOLAH
Bambang Subali, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD
kelas IV-VI di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman ditinjau dari lokasi sekolah. Penelitian ini menggunakan
metode survei. Populasi penelitian adalah populasi hipotetik yang merupakan peserta didik SD kelas IV-VI di UPT
Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang memiliki karakteristik seperti karakteristik sampel penelitian.
Sampel penelitian adalah sampel konvenien yang terdiri atas peserta didik kelas IV-VI dari SD yang berpotensi
tinggi, sedang, dan rendah di Kota Yogyakarta dan Kalasan. Sampel yang terdiri atas peserta didik secara acak
mengerjakan tes bentuk 3 pilihan kode II-IV. Data dikumpulkan dengan angket dan tes tertulis. Instrumen
penelitian yang berdasarkan model Rasch setiap item dapat untuk mengukur setiap kemampuan yang diukur,
sedangkan nilai reliabilitas sebesar 0,71. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji anova satu jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas IV-VI di
Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sedang (11,97) dan jika ditinjau dari lokasi
sekolah terdapat perbedaan. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan
metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas IV-VI di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman
ditinjau dari lokasi sekolah pada potensi sekolah dan gender peserta didik yang sama.
Kata kunci : penguasaan metode ilmiah, peserta didik SD kelas IV-VI, lokasi sekolah
kelas IV-VI di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman ditinjau dari lokasi sekolah. Penelitian ini menggunakan
metode survei. Populasi penelitian adalah populasi hipotetik yang merupakan peserta didik SD kelas IV-VI di UPT
Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang memiliki karakteristik seperti karakteristik sampel penelitian.
Sampel penelitian adalah sampel konvenien yang terdiri atas peserta didik kelas IV-VI dari SD yang berpotensi
tinggi, sedang, dan rendah di Kota Yogyakarta dan Kalasan. Sampel yang terdiri atas peserta didik secara acak
mengerjakan tes bentuk 3 pilihan kode II-IV. Data dikumpulkan dengan angket dan tes tertulis. Instrumen
penelitian yang berdasarkan model Rasch setiap item dapat untuk mengukur setiap kemampuan yang diukur,
sedangkan nilai reliabilitas sebesar 0,71. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji anova satu jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas IV-VI di
Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sedang (11,97) dan jika ditinjau dari lokasi
sekolah terdapat perbedaan. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan
metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas IV-VI di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman
ditinjau dari lokasi sekolah pada potensi sekolah dan gender peserta didik yang sama.
Kata kunci : penguasaan metode ilmiah, peserta didik SD kelas IV-VI, lokasi sekolah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v7i7.13094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |