Hubungan antara Pengetahuan Laboratorium dengan Sikap Peserta Didik Kelas XI dalam Praktikum Kimia di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2015/2016
Indyah Sulistyo Arty, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian survei bertujuan untuk mengetahui: 1) ada
tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium
dengan sikap peserta didik, 2) besarnya sumbangan efektif yang diberikan
pengetahuan laboratorium terhadap sikap peserta didik, 3) persentase rata-rata dan
kriteria pengetahuan laboratorium peserta didik, 4) Persentase rata-rata dan
kriteria sikap peserta didik kelas XI dalam praktikum kimia di SMA Negeri 1
Pleret Bantul.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri
1 Pleret Bantul yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 86 orang. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 56 orang yang
diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik tes, pengamatan langsung, dan angket. Metode analisis yang digunakan
yaitu uji normalitas, linieritas, regresi satu prediktor serta penentuan persentase
dan kriteria pengetahuan laboratorium dan sikap peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tidak ada hubungan positif
dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dengan sikap peserta didik, 2)
sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap sikap
peserta didik sebesar 1,6%, 3) persentase rata-rata pengetahuan laboratorium
sebesar 72,93% (kriteria baik) dan 4) persentase rata-rata sikap peserta didik
sebesar 84,61% (kriteria sangat baik).
tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium
dengan sikap peserta didik, 2) besarnya sumbangan efektif yang diberikan
pengetahuan laboratorium terhadap sikap peserta didik, 3) persentase rata-rata dan
kriteria pengetahuan laboratorium peserta didik, 4) Persentase rata-rata dan
kriteria sikap peserta didik kelas XI dalam praktikum kimia di SMA Negeri 1
Pleret Bantul.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri
1 Pleret Bantul yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 86 orang. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 56 orang yang
diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik tes, pengamatan langsung, dan angket. Metode analisis yang digunakan
yaitu uji normalitas, linieritas, regresi satu prediktor serta penentuan persentase
dan kriteria pengetahuan laboratorium dan sikap peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tidak ada hubungan positif
dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dengan sikap peserta didik, 2)
sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap sikap
peserta didik sebesar 1,6%, 3) persentase rata-rata pengetahuan laboratorium
sebesar 72,93% (kriteria baik) dan 4) persentase rata-rata sikap peserta didik
sebesar 84,61% (kriteria sangat baik).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i5.4561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia