PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RUMAH DENGAN MEMANFAAATKAN SUMBER BELAJAR MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Isana Supiah YL, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan
perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia peserta didik yang diberi tugas
rumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi
informasi dengan yang tidak diberi apabila pengetahuan awal dikendalikan secara
statistik. Analisis yang digunakan adalah analisis gain score, independent sample t
test dan analisis kovarian satu jalur. Desain penelitian yang digunakan adalah
rancangan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Berdasarkan hasil
perhitungan gain score menunjukkan ada pengaruh pemberian tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasil
perhitungan independent sample t test menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan antara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasil
analisis kovarian satu jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
antara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secara individual
dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi apabila
pengetahuan awal dikendalikan secara statisti. Pemberian tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi akan
meningkatkan prestasi belajar peserta didik
perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia peserta didik yang diberi tugas
rumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi
informasi dengan yang tidak diberi apabila pengetahuan awal dikendalikan secara
statistik. Analisis yang digunakan adalah analisis gain score, independent sample t
test dan analisis kovarian satu jalur. Desain penelitian yang digunakan adalah
rancangan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Berdasarkan hasil
perhitungan gain score menunjukkan ada pengaruh pemberian tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasil
perhitungan independent sample t test menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan antara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasil
analisis kovarian satu jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
antara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secara individual
dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi apabila
pengetahuan awal dikendalikan secara statisti. Pemberian tugas rumah secara
individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi akan
meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i4.3831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia