PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS X
Sunarto Sunarto, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan oleh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Borg & Gall melalui empat tahapan, yaitu Studi Pendahuluan, tahap pengembangan, uji lapangan dan diseminasi produk akhir. Pada tahapan kedua, langkah-langkah yang dilakukan meliputi validasi ahli materi dan ahli media. Sedangkan uji lapangan meliputi peninjauan produk I kepada 3 orang peer reviewer dan penilaian reviewer oleh 5 guru SMA/MA. Instrumen penilaian menggunakan jenis angket yang ditujukan kepada reviewer. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon sebagai media pembelajaran kimia siswa kelas X SMA/MA telah selesai dikembangkan. Berdasarkan penilaian reviewer, memperoleh skor rata-rata = 137 ( >126) sehingga termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 91,33%, maka multimedia interaktif berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA kelas X yang dihasilkan telah layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran kimia pada materi senyawa hidrokarbon untuk siswa kelas X semester 2 di sekolah.
Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Borg & Gall melalui empat tahapan, yaitu Studi Pendahuluan, tahap pengembangan, uji lapangan dan diseminasi produk akhir. Pada tahapan kedua, langkah-langkah yang dilakukan meliputi validasi ahli materi dan ahli media. Sedangkan uji lapangan meliputi peninjauan produk I kepada 3 orang peer reviewer dan penilaian reviewer oleh 5 guru SMA/MA. Instrumen penilaian menggunakan jenis angket yang ditujukan kepada reviewer. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon sebagai media pembelajaran kimia siswa kelas X SMA/MA telah selesai dikembangkan. Berdasarkan penilaian reviewer, memperoleh skor rata-rata = 137 ( >126) sehingga termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 91,33%, maka multimedia interaktif berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA kelas X yang dihasilkan telah layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran kimia pada materi senyawa hidrokarbon untuk siswa kelas X semester 2 di sekolah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i1.2573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia