THE DEVELOPMENT OF READING BOOK ABOUT FOOD ADDITIVES TO SUPPORT THE LITERACY FOR STUDENTS OF TOURISM VOCATIONAL SCHOOL

Hana Kusumaningtyas, , Indonesia
Heru Pratomo AL, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik buku dan menentukan tingkat
kelayakan buku yang dikembangkan. Kelayakan buku ditentukan berdasarkan respon pengguna, yaitu
oleh guru SMK Pariwisata yang dilihat dari aspek lingkup materi, penyajian materi, kebahasaan, dan
kegrafikaan, serta oleh siswa SMK Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian Tata Boga dari aspek
penyajian materi, kebahasaan, dan kegrafikaan. Model penelitian ini adalah penelitian pengembangan
yang menggunakan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Hasil pengembangan berupa buku yang berjudul “Mengenal Bahan Tambahan Makanan”. Materi yang
disajikan dalam buku ini adalah beberapa jenis bahan tambahan makanan yaitu pewarna, pengawet,
pemanis, dan penyedap rasa. Kelayakan buku berdasarkan respon guru SMK Pariwisata adalah baik (B),
sedangkan menurut siswa, buku ini berada pada kategori sangat baik (SB). Oleh karena itu, buku ini layak
digunakan untuk mendukung literasi siswa SMK Pariwisata dan masyarakat yang bekerja di bidang
kuliner.
Kata kunci: bahan tambahan makanan, literasi, SMK Pariwisata

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i3.13370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia