PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS ANDROID PADA MATERI ASAM & BASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA
Erfan Priyambodo, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah
(1) menghasilkan perangkat lunak laboratorium Virtual untuk siswa SMA/MA pada materi asam & basa; (2)
mengetahui kualitas perangkat lunak Laboratorium Virtual tersebut berdasarkan penilaian reviewer dan peserta
didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Produk awal ditinjau oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 3 peer reviewer. Produk
revisi dinilai dan diberi masukan oleh 6 reviewer dan 15 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
yaitu data proses pengembangan produk dan data kualitas produk. Pengubahan data hasil penilaian dari nilai yang
berbentuk kualitatif menjadi berbentuk kuantitatif berdasarkan skala Likert, kemudian dibuat tabulasi data skor
yang sudah diperoleh dan dilakukan analisis berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal. Hasil pengembangan ini
berupa simulasi kimia asam-basa berbabis android sebagai sumber belajar mandiri. Berdasarkan hasil penilaian
reviewer, simulasi kimia asam basa memiliki skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 84,83 dengan presentase
keidealan sebesar 94% dan masuk dalam kategori sangat baik (SB). Sedangkan hasil penilaian peserta didik
memiliki skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 63,67 dengan presentase keidealan sebesar 91% dan masuk dalam
kategori sangat baik (SB).
Kata Kunci: media pembelajaran, Laboratorium Virtual, sumber belajar mandiri
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah
(1) menghasilkan perangkat lunak laboratorium Virtual untuk siswa SMA/MA pada materi asam & basa; (2)
mengetahui kualitas perangkat lunak Laboratorium Virtual tersebut berdasarkan penilaian reviewer dan peserta
didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Produk awal ditinjau oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 3 peer reviewer. Produk
revisi dinilai dan diberi masukan oleh 6 reviewer dan 15 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
yaitu data proses pengembangan produk dan data kualitas produk. Pengubahan data hasil penilaian dari nilai yang
berbentuk kualitatif menjadi berbentuk kuantitatif berdasarkan skala Likert, kemudian dibuat tabulasi data skor
yang sudah diperoleh dan dilakukan analisis berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal. Hasil pengembangan ini
berupa simulasi kimia asam-basa berbabis android sebagai sumber belajar mandiri. Berdasarkan hasil penilaian
reviewer, simulasi kimia asam basa memiliki skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 84,83 dengan presentase
keidealan sebesar 94% dan masuk dalam kategori sangat baik (SB). Sedangkan hasil penilaian peserta didik
memiliki skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 63,67 dengan presentase keidealan sebesar 91% dan masuk dalam
kategori sangat baik (SB).
Kata Kunci: media pembelajaran, Laboratorium Virtual, sumber belajar mandiri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i3.13367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia