PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 2
Eddy Sulistyowati, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku petunjuk praktikum kimia
untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 serta mengetahui kualitas buku petunjuk
praktikum kimia untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 yang dikembangkan
berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMK dan 20 siswa SMK program studi agribisnis produksi tanaman. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop,
dan Disseminate). Dalam penelitian ini tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan, sehingga terdapat tiga
tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Buku Petunjuk Praktikum Kimia yang
dikembangkan memiliki karakteristik (1) berupa media cetak yang dicetak full colour; (2) buku petunjuk
praktikum kimia ini berbasis inkuiri terbimbing; (3) buku petunjuk praktikum ini terdiri dari bagian cover,
bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh skor rata-rata
144,80 dan persentase keidealan 93,42% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata dari hasil
penilaian siswa adalah 69,10 dan persentase keidealan 86,375% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Oleh
karena itu, buku petunjuk petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum
dalam pembelajarn kimia bagi siswa.
Kata kunci: buku petunjuk praktikum kimia, penelitian pengembangan, inkuiri terbimbing
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku petunjuk praktikum kimia
untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 serta mengetahui kualitas buku petunjuk
praktikum kimia untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 yang dikembangkan
berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMK dan 20 siswa SMK program studi agribisnis produksi tanaman. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop,
dan Disseminate). Dalam penelitian ini tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan, sehingga terdapat tiga
tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Buku Petunjuk Praktikum Kimia yang
dikembangkan memiliki karakteristik (1) berupa media cetak yang dicetak full colour; (2) buku petunjuk
praktikum kimia ini berbasis inkuiri terbimbing; (3) buku petunjuk praktikum ini terdiri dari bagian cover,
bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh skor rata-rata
144,80 dan persentase keidealan 93,42% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata dari hasil
penilaian siswa adalah 69,10 dan persentase keidealan 86,375% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Oleh
karena itu, buku petunjuk petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum
dalam pembelajarn kimia bagi siswa.
Kata kunci: buku petunjuk praktikum kimia, penelitian pengembangan, inkuiri terbimbing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i2.13361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia