Inovasi Pelayanan Publik Melalui Penerapan Aplikasi SuperApp Polri Di Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta
Titis Dewi Anggalini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Banyaknya aplikasi pelayanan kepolisian dalam memenuhi tuntutan pelayanan yang optimal dari institusi Kepolisian Republik Indonesia salah satunya Aplikasi Super App Polri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan adanya inovasi Aplikasi Polri Super App Polri pada pelayanan kepolisian di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian Aplikasi Super App Polri di Polda DIY sudah berpedoman pada kebijakan dan peraturan yang berlaku. Polda DIY sudah memiliki iklim inovasi yang memudahkan untuk melaksanakan inovasi dan bisa menjadi bekal untuk melakukan perubahan. Akan tetapi belum maksimal terutama dalam menangani permasalahan-permasalahan dari pelaksanaan inovasi terutama dari masyarakat sebagai pengguna. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui Aplikasi Super App Polri, Polda DIY perlu meningkatkan kembali sosialisasi secara langsung maupun offline melalui brosur, spanduk, iklan maupun melalui media sosial. Inovasi pelayanan publik melalui Aplikasi Super App Polri di Polda DIY perlu dievaluasi secara berkala untuk menyempurnakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan di kepolisian.
Full Text:
PDFReferences
Jayamuna, I.M,. (2023). Sistem Pelayanan Kepolisian Melalui Aplikasi Polri Super App Di Polda Lampung Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Socia Logica , Vol 3. No.1
Arundel, A., Bloch, C., & Ferguson, B. (2019). Advancing innovation in the public sector: Aligning innovation measurement with policy goals. Research Policy, 48(3), 789–798.
Bazarah, J. & Pujiastuti, N. (2022). Concept of Public service in Indonesia (Literacy Analysis of Public Service Implementation in Indonesia). Budapest International Research and Critics Institute-Jurnal (BIRCI-Journal), 5(1) : 6256-6262.
Fuglsang, L. (2010). Bricolage and invisible innovation in public service innovation. Journal of Innovation Economics, Vol 5. No. 1, hlm 67.
Creswell, J.W. (2009). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ilmu, K., Negara, A., & Sururi, A. (2018). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Melalui Egovernment di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Jurnal Natapraja Kajian Ilmu Subadministrasi Negara, Vol. 7, No. 1, 2406–9515.
Yulistivira, A., Ariany, R., & Putera, R.E., (2023). Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Mobile Cegah Stunting (Ayo Ceting) di Puskesmas Andalas Kota Padang. Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, Vol. 17. No.1
Hilmarsson, E., Oskarsson, G., & Gudlaugsson, T. (2013). The relationship between innovation culture and innovation performance. International Journal of Business Research, Vol 14. No. 1, hlm 86–95.
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (1990). Qualitative research for education: An Introduction to theory and method. Boston : Allyn and Bacon, Inc.
Indikator. (2023). Evaluasi Publik Atas Kinerja Kepolisian, Keamanan Dan Masalah-Masalah Sosial Kemasyarakatan. Survei Nasional dalam www.indikator.co.id
Anwar, H. R. A. H. "Sistem Sentralisasi Kepolisian Indonesia dalam Pradigma Good Governance." Wacana Paramarta, vol. 14, no. 1, 2015.
Suwondo, D. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri. Jurnal Litbang Polri, Vol 23. No. 2
Duha, Y. (2022). Implementasi Aplikasi Presisi Paten Dalam Peningkatan Pelayanan Cepat Dan Tepat. Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi dan Sains Vol. 1, No. 1
Susilawati dkk. (2024). Pelayanan Publik Berbasis Digital Pada Organisasi Sektor Publik Di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja, Vol 6. No. 1
Styareni, A. A. P., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Pelayanan “Joss Banget Mas” (Jemput Online Single Submission Bersama Instansi Terkait Dan Hari Bisa) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Publika, 63-76.
Maruapey, M. H. (2019). Potret Inovasi Tata Kelola Perekaman Data dan Dokumen. Jurnal Subadministrasi Publik, Vol. 9 No. 2. 119-135.
Muluk, K. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: Banyumedia.
DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i5.22916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SUPPORTED BY:
INDEX BY:
on Progress