EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI SIDEBAR (SISTEM INFORMASI DOKUMEN ELEKTRONIK JAWA BARAT) DI SEKERTARIAT DPRD PROVINSI JAWA BARA

anita lena suparti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kurnia Nur Fitriana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penyelenggara pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah masih dihadapkan pada sistem pemerintahan yang belum efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi Sidebar (Sistem Informasi Dokumen Elektronik Jawa Barat) dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Sekertariat DPRD Provinsi Jawa Barat serta mengetahui secara mendalam tentang faktorpenghambat efektivitas penerapan aplikasi Sidebar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,
dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pemerikasaankeabsahan data menggunakan teknik triangulasi data sedangkan teknik analisis data menggunakan model
interaktif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Sidebar di Sekertariat DPRD Provinsi Jawa Barat sudah efektif berdasarkan analisis dari indikator dalam penerapan Sidebar menghadapi beberapa faktor
penghambat yang berasal dari internal Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat. Adapun faktor-faktor penghambat yang ada yaitu: Keterbatasan keterampilan dan kapasitas SDM dalam memahami dan
menggunakan Sidebar karena faktor usia dan gap generation dalam literasi digital. Dinamka masalah dalam penerapan Sidebar seperti kendala teknis operasional dan human error dalam penggunaannya implikasi dari penelitian ini yaitu perlu adanya pemantauan rutin, peningkatan sumber daya manusia dan dukungan berkelanjutan perangkat daerah DPRD Jawa Barat untuk memastikan keberlanjutan penerapan program.


Full Text:

PDF

References


M. Syahbani and Lydia Christiani, “‘Kontribusi Pengelolaan Arsip Dalam Proses Pengambilan Keputusan Bagi Pimpinan Di Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.,’” Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 9, no. 1, pp. 35–34, 2020.

Z. Akbar, Sukaesih, and L. Romaddyniah, “Pendistribusian arsip pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui aplikasi Sidebar ,” Journal of Library and Information Science, vol. 3, no. 3, pp. 159–176, 2023.

Menteri K, Tentang ketentuan pelaksanaan pengelolaan arsip elektronik dan alih media arsip di lingkungan Kementerian Keuangan. Jakarta: KMK.01., 2021.

U. Fitian and a, “Pengaruh penggunaan e-arsip elektronik terhadap produktivitas pegawai sekretariat daerah Kabupaten Aceh Barat. ,” Regress: Journal of Economics & Management, vol. 2, no. 3, pp. 65–72, 2023.

R. Ayudia, Haryanto, and E. L. Okli, “Sistem Kearsipan Untuk Menunjang Efisiensi Kerja di Bagian Tata Usaha Direktorat I Pada Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek RI,” Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 70–79, Jun. 2022.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Press, 2019.

E. A. Purwanto and D. R. Sulistyastuti, Metode penelitian kuantitatif : untuk administrasi publik dan masalah-masalah sosial , 1st ed. Yogyakarta: GavaMedia, 2017.

W. O. D. Agusti and D. Mahmuda, “Efektivitas Penerapan Sistem Dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Buton,” Entries: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMButon, vol. 4, no. 19, pp. 68–87, 2021.

E. D. Handayaningrat, Efektivitas Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

S. Sondang, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

N. W. Budiani, “Efektivitas program penanggulangan pengangguran karang taruna ‘eka taruna bhakti’ desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar,” Jurnal Ekonomi dan Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 49–57, 2017.

M. S. P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi.Jakarta:Bumi Aksara, 2020.

D. Garry, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sepuluh. Jakarta: PT.Indeks,2019.

J. W. Creswell, Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed methods. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

A. Herlina and P. M. Rasyid, “ SISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika, vol. 10, 2016.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i4.22212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress