Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Bus Trans Jogja (Studi Kasus Pada Wilayah Pekerjaan Dinas Perhubungan DIY)

Laely Nurul Azizah, , Indonesia
Argo Pambudi, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan kualitas pelayanan Bus Trans Jogja yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan DIY. Penelitian ini juga akan menganalisis faktor penghambat strategi peningkatan kualitas pelayanan bus Trans Jogja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi dengan informan. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, laporan dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan kualitas pelayanan bus Trans Jogja sudah dilakukan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari 7 indikator peningkatan kualitas pelayanan milik DeVrye yakni harga diri, memenuhi harapan, pembenahan dan penemuan kembali, pandangan kedepan, perbaikan terus menerus, penuh perhatian dan selalu mengadakan pemberdayaan. Dinas Perhubungan DIY berusaha untuk menjamin kualitas pelayanan Bus Trans Jogja melalui Pergub DIY Nomor 12 Tahun 2024 dengan memberikan pelatihan kepada pramudi, pengembangan teknologi, memperbaiki fisik bus dan halte, serta memberikan pengawasan, evaluasi, edukasi dan denda kepada pegawai yang melanggar. Adapun faktor penghambat yang muncul adalah sikap pegawai yang masih belum disiplin, kurangnya jumlah pegawai dan anggaran, adanya perusakan fisik halte, serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap transportasi umum.

Full Text:

PDF

References


Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi Dalam Kajian dan Teori. (E. Mardhiati, Ed.) (1 ed.). Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Anisah, L. (2022). Analisis SWOT Bus Rapid Transit Trans Semarang. Warta Penelitian Perhubungan, 34(1), 37–44. https://doi.org/10.25104/warlit.v34i1.1561

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Diambil dari https://simpelaporan.jogjakota.go.id/upload/lkip/2021_06_11_07_43_27_Lakip_D inas_Perhubungan_2020.docx

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2021). Transportasi Dalam Angka 2021. Daerah Istimewa Yogyakarta. Diambil dari https://dishub.jogjaprov.go.id/files/114/Transportasi-DalamAngka/215/Transportasi-Dalam-Angka-2021.pdf

Aminah S. (2016). Penataan Transportasi Publik-Privat dan Pengembangan Aksesbilitas Masyarakat (1 ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2022). Transportasi Dalam Angka 2022. Laporan. Daerah Istimewa Yogyakarta. Diambil dari https://dishub.jogjaprov.go.id/files/114/Transportasi-Dalam-Angka/296/Transportasi-Dalam-Angka-2022.pdf

Wibowo, A. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JOGJA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 67–81. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2

Agustin, P. A. (2021). Efektivitas Trans Jogja Sebagai Pelayanan Publik Di Kota Yogyakarta. Journal of Governance Innovation, 3(2), 189–203. https://doi.org/10.36636/jogiv.v3i2.707

Wijayati, D. T. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Strategik pada Organisasi Non Profit (Studi Manajemen Strategik pada Dinas Propinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.%2024-32

Fathonah, Z. (2017). TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERADAP PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DI PT ANINDYA MITRA INTERNASIONAL. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 131–143.

Salmasari, A. (2020). Evaluasi Kinerja Halte Trans Jogja (Perfomance Evaluation of Trans Jogja’s Bus Shelters). Skripsi: Universitas Islam Indonesia. Diambil dari https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30870/16511020 Alya Salmasari.pdf?sequence=1

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. (E. D. Lestari, Ed.). Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher)

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

DeVrye, C. (2001). GOOD SERVICE IS GOOD BUSINESS 7 Strategi Sederhana Menuju Sukses. (M. P. Widodo, Trans.) (3 ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i4.22160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress