Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Dimensi EGovernment Quality

Nahdiya Laila Khalishafayi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Argo Pambudi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Aplikasi PeduliLindungi merupakan sebuah inovasi Pemerintah Indonesia dalam membantu masyarakat dalam mencari informasi dan menyelesaikan masalah terkait dengan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara nilai persepsi dan nilai harapan pada pelayanan aplikasi PeduliLindungi dalam peningkatan kualitas layanan e-government menggunakan dimensi E-Government Quality. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menyebar kuesioner secara online. Analisis yang dilakukan adalah Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian kualitas pelayanan e-government dengan metode E-GovQual yang diter kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 76%. Hasil analisis kesenjangan menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata tingkat kesenjangan sebesar -1,00 atau dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan masih kurang baik. Hasil Importance Peformance Analysis menunjukkan bahwa ada 5 indikator pada Kuadran A, 4 indikator Kuadran B, 8 indikator Kuadran C, dan 4 indikator Kuadran D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa indikator tidak berjalan baik, sehingga dibutuhkan perbaikan dalam pengoptimalan struktur aplikasi, memastikan adanya double security untuk data pribadi pengguna, mengintegrasi feedback dari pengguna, dan mendorong adanya transparansi data sebagai tanggung jawab pemerintah

Full Text:

PDF

References


Ferdinandito, A., dan Haryani, T. N., “Gaya Kepemimpinan Servant Leadership dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik,” Wacana Publik, vol. 1, no. 1, p. 190, Jul. 2021.

Laraspati, A., “60 Juta Orang Sudah Download Aplikasi PeduliLindungi,” detiknews, Oct. 14, 2021. https://news.detik.com/berita/d-5767546/60-juta-orang-sudahdownload-aplikasi-pedulilindungi (accessed Jul. 02, 2024).

Masthori A., Nugroho, H.A., dan Ferdiana, R., “The Use of Modified Webqual Method in Evaluation of Website Service Quality of Local Government (Penggunaan Metode Webqual Modifikasi dalam Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Daerah),” Journal Pekommas, vol. 1, no. 1, p. 57, Apr. 2016.

Mirnasari, Rina Mei dan M.Si Falih Suaedi, “Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih,” Kebijakan dan Manajemen Publik, vol. 1, no. 1, Jan. 2013.

Ngafifi, M., “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, Jun. 2014.

Nurdin, I., Kualitas pelayanan publik (Perilaku aparatur dan komunikasi birokrasi dalam pelayanan publik, Media Sahabat Cendekia, Surabaya, 2019.

Papadomichelaki, X., dan G. Mentzas, “e-GovQual: A multiple-item scale for assessing e-government service quality,” Government Information Quarterly, vol. 29, no. 1, pp. 98–109, Jan. 2012.

Pleger, L. E., Mertes, A., Rey, A., dan Brüesch, C., “Allowing users to pick and choose: A conjoint analysis of end-user preferences of public e-services,” Government Information Quarterly, vol. 37, no. 4, p. 101473, Mar. 2020.

Pratiwi, A. D., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D., “Analisis Kualitas Situs Web Pemerintah Daerah Pelayanan Perijinan Terpadu terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-Govqual (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 9177–9185, 2019.

Setiawan, K., “Kemendag: Kepatuhan Pemakaian PeduliLindungi di Mal Capai 91,86 Persen,” Tempo, Sep. 26, 2021. https://bisnis.tempo.co/read/1510535/kemendagkepatuhan-pemakaian-pedulilindungi-di-mal-capai-9186-persen

Setyowati, D., “PeduliLindungi Ganti Nama Jadi Satu Sehat, Berapa Jumlah Pengguna? - Teknologi Katadata.co.id,” katadata.co.id, Mar. 01, 2023. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/63fde766013d4/pedulilindungi-gantinama-jadi-satu-sehat-berapa-jumlah-pengguna

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2018.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., dan Tresiana, N., “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, vol. 18, no. 2, pp. 212–224, Dec. 2021.

Tjiptono, F., dan Chandra, G., Service, Quality & Satisfaction, Andi, Yogyakarta, 2016. [15] Windy, A., “Kupas Tuntas Aplikasi PeduliLindungi,” Ditjen Aptika, Oct. 10, 2021. https://aptika.kominfo.go.id/2021/10/kupas-tuntas-aplikasi-pedulilindungi




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i3.21816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress