IMPLEMENTASI PROGRAM DESA PEREMPUAN INDONESIA MAJU MANDIRI (PRIMA) DI KALURAHAN SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN

Hanifah Tisha Ramadhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marita Ahdiyana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi implementasi program Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA) di Kalurahan Sumberagung Kapanewon Moyudan Kabupaten beserta hambatan dalam implementasinya. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah staf bidang kesetaraan gender dan pemberdayaan masyarakat DP3AP2 DIY, Carik Kalurahan Sumberagung serta lima orang anggota kelompok Desa PRIMA di Kalurahan Sumberagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokuemntasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data interaktif dari Miles & Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukan Program Desa PRIMA di Kalurahan Sumberagung Kapanewon Moyudan Kabupaten Sleman belum cukup optimal diimplementasikan sesuai dengan tujuan kebijakan yang telah dirumuskan. Program Desa PRIMA sebagai suatu program pemberdayaan perempuan dalam rangka meningkatkan partisipasi perempuan di masyarakat belum dapat tercapai. Namun, Program Desa PRIMA di Kalurahan Sumberagung telah mampu memberikan akses permodalan sehingga terjadi peningkatan ekonomi perempuan. Hambatan dalam implementasi, yaitu a) Keterbatasan anggaran yang berdampak pada pengembangan kegiatan Desa PRIMA, b) Keterbatasan dalam pemasaran produk, c) Minimnya pemahaman penggunaan teknologi dalam mendukung pemasaran produk.

Full Text:

PDF

References


Adiwinarni, N., Puspita, D. R., & Rosyadi, S. (2020). Membaca Aspek Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi dalam Kebijakan Publik: Studi Implementasi Program Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Dinas Sosial Kabupaten Cilacap. Administratio : Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 11(1), 37–43. https://doi.org/10.23960/administratio.v11i 1.105.

Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2021- 2023.

Data Kelurahan Sumberagung. (2018). Tabel Data Kependudukan Berdasar Populasi Per Wilayah. Kelurahan Sumberagung Kapanewon Moyudan Kabupaten Sleman.

Edward III, G. C. (1980). Public Policy Implementing. Washington: Jai Press Inc.

Gulo, W. (2010). Metedologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Miles, Matthew B dan Huberman, Michael. (1992) Qualitative Data Analysis.. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Portal Informasi Indonesia. (2021). Kontribusi Ekonomi Kaum Perempuan untuk Negeri.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triana Pujilestari. (2022). Analisis Keputusan Bekerja Tenaga Kerja Perempuan di Jawa Timur. Indonesian Journal of Human Resource Management, 1(1), 1–11.

Wardhani, A. P., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai ( Studi kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang). Journal Of Management, 2(2), 1–12.Winarno, B. (2007). Kebijakan Publik:Teori dan Proses (Pertama). Medpress.




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i3.21499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress