PENGARUH PERSEPSI HARGA, FITUR PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)

Dimas Prasetya,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, fitur produk dan word of mouth baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Android mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna smartphone Android di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa pengguna smartphone Android di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian smartphone Android dalam 1 tahun terakhir dan diambil sebanyak 145 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu sebuah teknik penentuan responden dari populasi dengan kriteria tertentu. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Persepsi Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 3,787 > nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansinya 0,000. (2) Fitur Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 4,717 > nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 5,464 > nilai t-tabel 1,976 dan tingkat signifikansinya 0,000. (4) Persepsi Harga, Fitur Produk dan Word of Mouth secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai F hitung sebesar 33,420 > nilai F tabel 2,668 dan tingkat signifikansinya 0,000. (5) Besarnya pengaruh Persepsi Harga, Fitur Produk dan Word of Mouth terhadap keputusan pembelian (adjusted R2) adalah sebesar 40,3%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= -0,762 + 0,299X1 + 0,254X2 + 0,447X3 +e.

 

Kata kunci: persepsi harga, fitur produk, word of mouth, keputusan pembelian


ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of the perceived price, product features and word of mouth either partially or simultaneously toward the purchase decision of the Android smartphone for student of Faculty of Economics, Yogyakarta State University. This study is a survey using a questionnaire as an instrument. The population used in this study were students of Faculty of Economics, Yogyakarta State University. The sample used Android smartphone user is students of Faculty of Economics, Yogyakarta State University who ever made a purchase in the last 1 year and taken as many as 145 respondents using purposive sampling method, which is a technique to determine the respondents of the population with specific criteria. Validity test of the instrument using Confirmatory Factor Analysis, while the reliability test using Cronbach Alpha. The analysis technique used is multiple regression analysis. The study found that: (1) Perceived price positively affects the purchase decision with a value of 3.787 t count> t-table value of 1.976 and 0.000 significance level. (2) Product Features positively affects the purchase decision with a value of 4.717 t count> t-table value of 1.976 and 0.000 significance level. (3) Word of Mouth positively affects the purchase decision with a value of 5.464 t count> t-table value of 1.976 and 0.000 significance level. (4) Perceived price, Product Features and Word of Mouth simultaneously positively affects the purchase decision with a calculated F value of 33.420> F table 2.668 and 0.000 significance level. (5) The amount of effect Perceived price, Product Features and Word of Mouth toward purchase decision (adjusted R2) amounted to 40.3%. The regression equation obtained was Y = -0.762 + 0,299X1 + 0,254X2 + 0,447X3 + e.

 

Keywords: perceived price, product features, word of mouth, purchase decision.

 


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonomika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Hair, Joseph F. et all. (2010). Multivariate Data Analysis A Global Perspective. Seventh Edition. New Jersey: Pearson Education.

Juwita, Lewisa Nora. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal). Universitas Negeri Yogyakarta.

Kasali, Rhenald. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler dan Keller, (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Kesembilan. Jilid 1. (Alih bahasa: Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.). Jakarta: Prehalindo.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler and Armstrong. (2006). Principles of Marketing, Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip; Armstrong, Gary, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (1988). Perilaku Konsumen. Bandung: Eresco.

Monroe, Allard C.R Van Riel et al. (2005). Marketing Antecedent of Industrial Brand Equity: An Empirical Investigation in Specialty Chemical.

Mudrajat Kuncoro. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Muhamad Ichsan, Maria Magdalena Minarsih dan Budi Hasiholan, Leonardo (2015). Effect Of Price, Features And Advertising On The Decision To Purchase Mobile Samsung Android (Study Case Against Samsung Android User Handphone In Regional District of Genuk). Universitas Pandanaran Semarang.

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Stanton, William, (1996), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukotjo, Hendri dan Sumanto Radix A. (2010). Analisa Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta Surabaya.

Sumardi dan Silviana, Marlin dan Melone, Melina. (2011). Rest In Peace Advertising 1729-2010 A Mind And Soul Deceiver Lie Teller And Exaggeration Expert Killed By The Power Of World Of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.

Cetakan Kelima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy; Chandra, Gregorius; Adriana, Dadi. (2008). Pemsaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

www.hariangadget.com akses pada 4 April 2015 pukul 11.00 WIB.

www.kompas.com akses pada 3 April 2015 pukul 14.00 WIB.

www.omtekno.com akses pada 5 April 2015 pukul 11.30 WIB.

www.wikipedia.com akses pada 16 Maret 2015 pukul 10.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.