ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SIM CARD GSM PRABAYAR XL DI KOTA YOGYAKARTA)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen Sim Card GSM Prabayar XL Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Sim Card GSM Prabayar XL di kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Sim Card GSM Prabayar XL Yogyakarta, (2) Terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Sim Card GSM Prabayar XL Yogyakarta, (3) Terdapat pengaruh positif harga terhadap kepuasan konsumen Sim Card GSM Prabayar XL Yogyakarta, dan (4) Terdapat pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen Sim Card GSM Prabayar XL Yogyakarta.
Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen
Abstract
This study aims to determine the effect of product quality, service quality, and the price of partially and simultaneously to consumer satisfaction Prepaid Sim Card GSM XL Yogyakarta. This type of this research was survey. The population of this study were all consumers of Prepaid GSM Sim Card XL in the city of Yogyakarta. The sampling technique was using purposive sampling method with a sample size of 200 people. The technique of collecting data using questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique is regression. The results showed that: (1) There is a positive influence product quality to customer satisfaction GSM Sim Card Prepaid XL Yogyakarta, (2) There is a positive effect of service quality on customer satisfaction GSM Sim Card Prepaid XL Yogyakarta, (3) There is a positive effect of price to consumer satisfaction Prepaid Sim Card GSM XL Yogyakarta, and (4) There is the influence of product quality, service quality, and price simultaneously on consumer satisfaction Prepaid Sim Card GSM XL Yogyakarta.
Keywords: Quality Products, Service Quality, Price, and Customer Satisfaction
Full Text:
PDFReferences
Buttle, Francis. 2007. Custumer Relationship Management (Manajemen. Hububgan Pelanggan). Bayumedia. Jakarta. Desrina
Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1990. Perilaku Konsumen Jilid I (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Goetsch, D.L & Davis, S, 1994 Introduction to Total Quality, Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc.
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo.
Kotler Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. (Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Terjemahan. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. (Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Terjemahan. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, P. dan Keller, K, L. 2007. Manajemen Pemasaran (Bejamin Molan, Pentj). Ed 12, Jilid 1&2. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kumastuti, Fitri. (2011). Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telepon Seluler Sony Ericsson (Studi Kasus di Kabupaten Temanggung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.
Kurniasih. 2012. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi pada Bengkel AHASS 0002-ASTRA MOTOR Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Volume I Nomor 1 September 2012. Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro.
Lupiyoadi R, Hamdani A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta (ID): Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis Jasa. Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Parasuraman, A. Zeithaml., Valerie, A., Berry, Leonard L. (1988). Servqual : A Mulitple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64 No.1. Hlm. 12-40.
Retna, Dewi Wulan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Jurnal Online Mahasiswa Manajemen. Bogor: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyuno, Cahyo. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Hotel Anugerah Glagah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.
Zeithaml, Valerie A., Leonard Berry, and A. Parasuraman. 1996. The Behavioral Consequence Of Service Quality. Journal of Marketing, vol. 60.
Refbacks
- There are currently no refbacks.