PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG DI WAROENG SPESIAL SAMBAL DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Afifah Nur Izdhihar,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kualitas pelayanan terhadap niat pembelian ulang di Waroeng Spesial Sambal dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen Waroeng Spesial Sambal di Yogyakarta. Sampel ditentukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 245 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan  bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Experiantial marketing dan kualitas pelayanan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Experiential marketing, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. (3) Secara parsial experiential marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap niat pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi

Kata Kunci: Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Niat Pembelian Ulang


Full Text:

PDF

References


Akhter, S.H. (2010). Services Attributes Satisfaction and Actual Repurchase Behavior: The Mediating Influence of Overall Satisfaction and Purchase Intention. Journal of Customer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaning Behavior, 23:52-64.

Andreson dan Marry. (1993). The Antecedents and Consequences of Customer Satisfaction for Firms.Marketing Science Vol. 12 No. 2 pp 125.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane.(2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall Published.

Lee Ming-Shing, Hsiao Huey-Der and Yang Ming-Fen . (2010). The study of the relationshiamong expereriental marketing, service quality, customer satisfaction and customer loyalty. International Journal of Organizational Innovation.

Nasermoadeli, Amir., Choon-Ling, Kwek., Maghnati, Farshad. (2012). Evaluating the Impacts of Customer Experience on Purchase Intention.International Journal of Business and Managemen.t vol.8, No.6 2013.128 138.

Parasuraman, A., Zeithaml & Berry. (1985). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of kualitas pelayanan. Journal of Marketing. Vol 49 (fall 1985). Halaman 41-50.

Rangkuti, Freddy (2002). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Schmitt, H Bernd. (1999). Experiential Marketing.New York: The Free Press.

Setyanti.(2012). Kesalahan saat Berbisnis Kuliner. Diunduh dari http://female.kompas.com/read/2012/07/03/14285172/8.kesalahan.saat.berbisnis.kuliner.Diakses tanggal 29 Desember 2017.

Zeng, Fue Hu, Zuohao Chen, dan Yang Zhilin. (2009). Determinants of online service satisfaction and their impact on behavioural intention.Total Quality Management. Vol 20, No 9, 953-969.

http://kependudukan.jogjaprov.go.id/olah.php?module=statistik diakses pada 31 Desember 2017

http://waroengss.com/about diakses pada 31 Desember 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.