Analisis Model SITR (Susceptible, Infected, Treatment, Recovered) pada Penyebaran Penyakit Kanker Serviks di Daerah Istimewa Yogyakarta Analysis of The SITR Model on The Spread of Cervical Cancer in Special Region of Yogyakarta

Rihhadatul Aisy, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Husna Arifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model matematika SITR (Susceptible, Infected, Treatment, Recovered) pada penyebaran penyakit kanker serviks, titik kesetimbangan, bilangan reproduksi dasar, kestabilan titik kesetimbangan dan hasil simulasi numerik dengan bantuan software MAPLE. Tahapan penelitian ini adalah menentukan model SITR pada penyebaran penyakit kanker serviks, menentukan titik kesetimbangan, menentukan bilangan reproduksi dasar, menganalisis kestabilan titik kesetimbangan, dan melakukan simulasi numerik pada model dengan software MAPLE. Hasil yang diperoleh adalah terdapat dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dan endemik. Titik kesetimbangan bebas penyakit stabil asimtotik apabila, sedangkan titik kesetimbangan bebas endemik stabil asimtotik apabila. Simulasi yang dilakukan menunjukkan bahwa titik kesetimbangan bebas penyakit stabil asimtotik yang artinya penyakit kanker serviks di Daerah Istimewa Yogyakarta tidak akan mewabah.

Kata kunci: model SITR, kanker serviks, titik kesetimbangan, bilangan reproduksi dasar, kestabilan.


Full Text:

PDF

References


Amri, N. A. (2020). Analisis Model SIR (Susceptible Infected Recovered) dalam Penyebaran Penyakit Kanker Serviks di Kota Palopo. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Panduan Pelayanan Klinik Kanker Serviks. Komite Penanggulangan Penanganan Kanker (KPPK).

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan. (2022). Cegah Dini Kanker Serviks Melalui iVA. Diakses dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan: https://dinkes.pacitankab.go.id/cegah-dini-kanker-serviks-melalui-iva/.

Driessche & Watmough. (2002). Reproduction Number and Sub-Threshold Endemic Equilibria for Comparmentall Model of Disease Transmission. Mathematical Biosciences, 180, 29-48.

Nurlelawati, E., Devi, T. E. R., & Sumiati, I. (2018). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kanker Serviks di RS Pusat Pertamina Jakarta. Midwife Journal, 5(01), 8–16.

Olsder, G. J., & J. W. van der Woude. (2004). Mathematical Systems Theory intermediatethird editon. The Netherlands: VSSD.

Perko, L. (1991). Differential Equation and Dynamical System. New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Ridayani, M. S. (2016). Analisis Implementasi Program Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2015. Skripsi. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Ross, Shepley L. (1984). Differensial Equantions third edition. New York: John Wiley & Sons.Inc.

Setiawan, N. F. (2017). Analisis dan Simulasi Model SITR pada Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negri Makassar.

Side, Syafruddin, et al. (2016). Analisis dan Simulasi Model SITR pada Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Kota Makassar. Jurnal Sainsmat, 5(2), 191–204.

Sinuhaji, Ferdinand. (2015). MODEL EPIDEMI SIRS DENGAN TIME DELAY. Visipena, 6(1), 77-88.

Sulistiowati, et al. (2014). Pengetahuan tentang Faktor Risiko, Perilaku dan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) pada Wanita di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jurnal Kesehatan, 43(2), 193-195.

Vicka, Patricia. (2019). Penderita Kanker Serviks di DIY Tertinggi di Indonesia. Diakses dari medcom.id: https://www.medcom.id/nasional/daerah/Wb7LLo2k-penderita-kanker-serviks-di-diy-tertinggi-di-indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152

Creative Commons LicenseJurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.