EVALUASI USABILITY SISTEM E-LEARNING “BESMART” SEBAGAI APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN USELEARN
Nur Hadi Waryanto, Prodi Matematika FMIPA UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran jarak jauh di Universitas Negeri Yogyakarta dengan Besmart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan usability serta rekomendasi perbaikan e-learning Besmart berdasarkan hasil uji usabilitas. Penelitian menggunakan pemodelan Structural Equation Modelling (SEM) dan uselearn. . Terdapat 12 kategori heuristik dalam uselearn yang akan menjadi dasar penilaian usabilitas e-learning besmart. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh model SEM dengan menggunakan ke-12 kategori heuristik yang berpengaruh untuk menemukan nilai usabilitas. Nilai usabilitas yang didapat adalah 0,65. Terdapat 7 kategori berpengaruh positif, yaitu: fleksibility (X3), course management (X4), interactivity , feedback and help (X5), memorability (X9), Completeness (X10), reducing redundancy (X11), aesthetics (X12) . Lima kategroi heuristik lainnya yang berpengaruhi negatif perlu diperhatikan dalam pengembangan e-learning besmart, yaitu: Error Prevention (X1), Visibility (X2), Accessibility (X6), Consistency and functionality (X7), Assessment strategy (X8)
Full Text:
XMLReferences
Chavez, S., Long, B., Koyfman, A., & Liang, S. Y. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19): A primer for emergency physicians. American Journal of Emergency Medicine, xxxx
Buselic, M. (2012). Distance Learning – concepts and contributions. Oeconomica Jadertina, 1, 23–34.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8
Van Nuland, S. E., Eagleson, R., & Rogers, K. A. (2017). Educational software usability: Artifact or Design? Anatomical Sciences Education, 10(2), 190–199
Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of Usability Testing Second Edition. In Wiley Publishing, Inc (Vol. 2)
Oztekin, A., Kong, Z. J., & Uysal, O. (2010). UseLearn: A novel checklist and usability evaluation method for eLearning systems by criticality metric analysis. International Journal of Industrial Ergonomics, 40(4), 455–469
Siswoyo Haryono. (2016). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Intermedia Personalia Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Online ISSN (e-ISSN): 3031-1152
Jurnal Kajian dan Terapan Matematika by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jktm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |