TINGKAT KESADARAN PESERTA DIDIK TENTANG TINDAKAN PERUNDUNGAN DI SMPN KECAMATAN SIMO PADA TAHUN AJARAN 2022/ 2023

Mita Danik Rahmawati, Taat Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran peserta didik tentang tindakan perundungan di SMPN Kecamatan Simo. Penelitian merupakan jenis deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMPN Kecamatan Simo sebanyak 1.366 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sebanyak 300 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi pearson product moment  dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa 59,7% peserta didik memiliki kesadaran tindakan perundungan sangat tinggi, sehingga tingkat kesadaran peserta didik tentang tindakan perundungan di SMPN Kecamatan Simo dalam kategori sangat tinggi sehingga peserta didik dapat memahami atau mengetahui ketika terjadi tindakan perundungan.


References


Darmiany, A. (2016). Pengembangan model pelatihan soft-skills pada siswa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Mataram. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling (JKBK), 1(2), 47-54.

Afandi, A. Amos, N. & Rosmawita, S. Kesadaran lingkungan masyarakat dalam pemeliharaan taman lingkungan di Jakarta Pusat. Jurnal Menara Jurusan Teknik Sipil, UNJ, VII(1) 53-66.

Kurnia, I. (2016). Bullying. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Kurniasari, A. dkk. (2017). Stop perundungan di sekolah (kekerasan terhadap anak di sekolah). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementrian Sosial RI.

Linasari. (2016). Keefektifan videotherapy dalam menumbuhkan kesadaran anti bullying pada siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(36).

Panggabean, R. dkk. (2015). Manajemen konflik berbasis sekolah. Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.

Rahmawati, S. & Elisabeth, C. (2020). Studi kasus kesadaran peserta didik SD Negeri Pelang Lor 1 tentang adanya tindak perundungan verbal. Jurnal BK UNESA, 11(3), 260-273.

Solso, R.L dkk. (2007). Psikologi kognitif. Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Ombak.

Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Wisprianti, N.A & Maya, M.K.S. (2021). Tingkat kesadaran remaja Sidoarjo tentang cyberbullying. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(1), 211-225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Our Journal Indexing and Abstracting by:

_________________________________________________________________________________________

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com