PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 NGAGLIK

Ardian ta Argo Ardinata

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya variasi latihan dalam mengajarkan teknik passing bawah yang masih belum benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola basket SMP Negeri 1 Ngaglik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi adalah siswa SMP Negeri 1 Ngaglik dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Ngaglik yang berjumlah 20 peserta berusia 13-14 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing bawah Depdiknas Usia 13-14 tahun (1999:7) dengan tingkat validitas 0,733 dan reliabilitas 0,758. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukan adanya pengaruh antara latihan menggunakan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 1 Ngaglik. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung(12,829)> t(0,05)(19))(2,093)dan P (0,000) < α (0,05), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan passing bawah bola voli. Presentase peningkatan tersebut sebesar 30,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan bermain terhadap kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 1 Ngaglik Kata Kunci : pendekatan bermain, passing bawah, bola voli Abstract The background of this research is because of no variation and wrong method in teaching passing down. This research aims at finding out the practice effect by using playing approach to passing down capability of volley ball extracurricular students at SMP N 1 NGAGLIK. The research method was quasi experiment design with one group pretest and posttest design. The population was students of SMP N 1 Ngaglik and the sample of this research was all of the students joining volley ball extracurricular in SMP N 1 Ngaglik were 20 students within 13-14 years old in which took sample by using purposive sampling. The instrument used was passing down capability test Depdiknas 13-14 years old (1999:7) with the validity level was 0,733 and reliable was 0,758. The analysis method of this research was paired sample t test. The result of data analysis implies that there is an effect between practices using playing approach to passing down capability of volley ball extracurricular students at SMP N 1 Ngaglik. The t-test result value of t-test (12,829)> t(0,05)(19))(2,093)dan P (0,000) < α (0,05), so there is significant different in level passing down capability. The percentage improvement is 30,86%. Therefore, it can be concluded that there is an effect playing approach to passing down capability of volley ball extracurricular students at SMP Negeri 1 Ngaglik. Keyword: playing approach, passing down, volley ball

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.