PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP SE-KABUPATEN BANJARNEGARA

Andyka Ristianto Saputro

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP se-Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SMP se-Kabupaten Banjarnegara sebanyak 40 guru. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Momen dan uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach melalui SPSS 16 for windows, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,936. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP se-Kabupaten Banjarnegara adalah: sebanyak 3 guru (7,5%) mempunyai persepsi dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 5 guru (12,5%) mempunyai persepsi dengan kategori tinggi, sebanyak 22 guru (55%) mempunyai persepsi dengan kategori sedang, dan 8 guru (20%) mempunyai persepsi dengan kategori rendah dan sebanyak 2 guru (5%) dengan kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi guru pendidikan jasmani terhadap media gambar dalam pembelajaran senam lantai di SMP se-Kabupaten Banjarnegara berada pada kategori sedang. Kata kunci : Persepsi, Guru Penjas, Media Gambar, Pembelajaran Senam Lantai. Abstract This study aims to identify the perception of Physical Education teacher on the picture media utility of floor exercise learning at State Junior High School of Banjarnegara District. This is a quantitative descriptive study with survey method. The subjects were Physical Education teacher at State Junior High School of Banjarnegara District with a total of 40 teachers. The instruments validity and reliability tests used were Product Momen and Alpha Cronbach through SPSS 16 for windows respectively. The reliability coefficient was 0,936. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis in the form of percentage. The results showed that the perception of Physical Education teacher on the picture media utility of floor exercise learning at State Junior High School of Banjarnegara District were very high category of 3 teachers (7,5%), high category of 5 teachers (12,5%), medium category of 22 teachers (41,1%), poor category of 8 teachers (20%) and very poor category of 2 teachers (5%) Keywords: perception, Physical Education teacher picture media, floor exercise learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.