TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK DAN PERSEPTUAL MOTORIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TONGGALAN KLATEN

Fakhreza Ramadhan

Abstract


Abstrak Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola kemampuan motorik dan perseptual motoriknya selama ini belum ada atau terdokumentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan motorik dan perseptual motorik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan motorik dari Nurhasan (2004: 6.6) yang meliputi: kelincahan, koordinasi mata tangan, keseimbangan dan kecepatan. Tes ini mempunyai validitas sebesar 0,87 dan reliabilitas sebesar 0,93 dan tes perseptual motorik untuk siswa Sekolah Dasar dari Hari Amirullah Rachman (2004) dengan reliabilitas 0,92. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten sebagai berikut: terdapat 1 siswa (9,78 %) dalam kategori baik sekali, 9 siswa (25,00 %) dalam kategori baik, 17 siswa (47,22 %) dalam kategori sedang, 7 siswa (19,44 %) dalam kategori kurang, dan 2 siswa (5,56 %) dalam kategori kurang sekali. Selanjutnya hasil penelitian kemampuan perseptual motorik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten sebagai berikut: terdapat 2 siswa (5,56 %) dalam kategori baik sekali, 13 siswa (36,11 %) dalam kategori baik, 11 siswa (30,36 %) dalam kategori sedang, 2 siswa (5,56 %) dalam kategori kurang, dan 8 siswa (22,22 %) dalam kategori kurang sekali.` Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Perseptual Motorik, Siswa SD, Ekstrakurikuler Sepakbola Abstract The motor and motor perceptualabilitiesof the students in MuhammadiyahElementary School TonggalanKlatenjoining football extracurricular were not available or documented yet. The purpose of this study is to find out how the motor and perceptual motor abilitiesare of the studentsfollowingextracurricular in Muhammadiyah elementary school TonggalanKlaten. This research was descriptive quantitative research with survey method. The data collection technique was by using test and measurement. The research instrument was by using motorability test by Nurhasan (2004: 6.6) consisting: agility, coordination of eye and hand, balance and speed. This test had 0,87validity and 0,93 reliability, and motor perceptual test for elementary school students by HariAmirullahRachman (2004) with 0,92reliability. The subjects of this research were all football extracurricular memberstudents in Muhammadiyah Elementary School TonggalanKlatenfor 36 students. The data analysis technique was descriptive bypercentage. The results of the research about student motorability of extracurricular football members in MuhammadiyahElementarySchoolTonggalanKlaten are: there are 1 student (9,78 %) in very good category, 9 students (25,00 %) in good category, 17 students (47,22 %) in medium category, 7 students (19,44 %) in low category, and 2 students (5,56 %) in very low category. Further, the results of motor perceptual ability of football extracurricular members in Muhammadiyah Elementary School are: there are 2 students (5,56 %) in very good category, 13 students (36,11 %) in good category, 11 students (30,36 %) in middle category, 2 students (5,56 %) in low category, and 8 students (22,22 %) in very low category. Keywords:Motor ability, PerceptualMotor, Elementary school Students, Football Extracurricular

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.