TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PESERTA DIDIK PUTERA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL

Anbar Mailani

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SMA N 1 Imogiri yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, akan tetapi kurang mendapat perhatian terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar bermainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain futsal pada peserta didik putera yang mengikuti ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 imogiri, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan dan menghubungkan dengan variabel lain. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain futsal. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMA N 1 Imogiri, Bantul yang berjumlah 20 pemain. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Pada penelitian ini, untuk Instrumen menggunakan “Tes Futsal FIK Jogja” dengan validitas sebesar 0,67, reliabilitas 0,69, dan objektivitas 0,54. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan siswa yang masuk kategori “sangat baik” sebanyak 2 siswa (10%), kategori “baik” sebanyak 5 siswa (25%), kategori “cukup” sebanyak 6 siswa (35%), kategori “kurang baik” sebanyak 5 siswa (25%), dan kategori “sangat kurang baik” sebanyak 1 siswa (5%). Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kategori cukup menjadi hasil yang terbanyak, maka dari itu kemampuan yang dimiliki peserta ekstrakurikuler futsal putera SMA N 1 Imogiri cukup baik. Kata kunci: teknik dasar futsal, tes keterampilan futsal Abstrac Most of students at SMA Negeri 1 Imogiri joined Futsal as their extracurricular activity. However, they do not get much attention for the basic technique of play Futsal in improving their skill. Hence, the purpose of this study was to investigate the skill level of play futsal for Male students in joining extracurricular at SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. This research used descriptive quantitative which consist of one variable without any comparison and correlation with others variable. Thus, the variable of this study was the skills of play Futsal. The participants of this study were the students who joined Futsal as their extracurricular at SMA Negeri 1 Imogiri. The participants consist of twenty students. The researcher used survey as data collection method which consists of test and gauging. In addition, the researcher also used “Tes Futsal FIK Jogja” as data instrument with the ratio: 0.67 validity, 0.69 reliability, and 0,54 objectivity. The result of the study is divided into five categories such as “sangat baik”, “baik”, “cukup”, “kurang baik”, and “sangat kurang baik”. First, the students who got “sangat baik” consist of two students (10%). Second, there were five students (25%) who got “baik”. The third, six students (35%) got “cukup” and five students (25 %) got “kurang baik”. The last, there was one student (5%) who got “sangat kurang baik”. From the results above, the researcher concludes that the most students got “cukup”. Hence, the students’ skill in play Futsal at SMA Negeri 1 Imogiri was good enough. Keywords: basic technique of futsal, futsal skill test

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.