MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE PROYEK KELOMPOK B DI TK ABA BARAHAN GALUR KULON PROGO

Nur Hidayah Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dengan menggunakan metode proyek dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak TK ABA Barahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah 20 anak yang terdiri 11 anak perempuan 9 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial anak yang meliputi 3 indikator berbagi dengan teman, menunggu giliran, bergabung bermain bersama teman. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan keterampilan sosial melalui metode proyek.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B di TK ABA Barahan berkembang baik.  Hal tersebut  ditunjukkan dari hasil pratindakan sebesar 42,08% Siklus I meningkat menjadi 76,37% dan pelaksanaan siklus II dengan persentase 86.25%. Berdasarkan hasil Siklus II sudah sesuai kriteria baik maka penelitian ini dapat dihentikan. Dengan demikian metode proyek dapat memebrikan stimulasi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak di TK ABA Barahan Tirtorahayu Galur Kulon Progo.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, metode proyek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.