PENGENALAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB-RA IT AL-HUSNA YOGYAKARTA

Neni Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan sains melalui percobaan sederhana di KB-RA IT Al-Husna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian  yaitu  guru  dan  peserta  didik.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  observasi,  wawancara  dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model alir. Data penelitian telah diuji keabsahan menggunakan perpanjangan  keikutsertaan,  ketekunan  pengamat  dan  triangulasi.  Hasil  penelitian  menunjukkan:  1)  topik percobaan sains ada pesan rahasia, telepon sederhana, listrik statis, mainan kapal, roket, matahari, tornado, gunung meletus, rambatan api, pemadam kebakaran, banjir, dan ombak; 2) benda untuk kegiatan percobaan disesuaikan dengan topik dan disediakan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan percobaan; 3) metode yang digunakan KB-RA IT Al-Husna untuk pengenalan sains adalah eksperimen dan demonstrasi; 4) peran guru sebagai perencana, fasilitator, observer, motivator, organisator, model, evaluator, dan teman eksplorasi anak; 5) peran anak sebagai penemu, penyelidik dan pengamat kegiatan percobaan;  6) hasil belajar fakta, keterampilan dan afektif tetapi anak belum menguasai hasil belajar secara maksimal; 7) proses pengenalan sains melalui kegiatan percobaan sederhana dilakukan dengan urutan apersepsi, percobaan dan evaluasi.

 

Kata kunci: pengenalan sains, percobaan sederhana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.