LAYANAN PROGRAM PARENTING DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA NGAGLIK SLEMAN

Mayora Putriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam mengenai layanan program parenting dalam pendidikan inklusif di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan, 1) layanan program parenting yang telah dilaksanakan adalah seminar parenting, pertemuan orang tua dengan guru, dan home visits. Seminar parenting dilaksanakan dengan mendatangkan narasumber seperti dokter dan psikiater dengan tema yang berbeda setiap tahunnya seperti kesehatan dan gizi anak, serta mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pertemuan formal orang tua dengan guru dilaksanakan dua kali dalam setahun, dilakukan secara face to face dengan guru pendamping bagi ABK, dan disertai dengan pemberian hasil evaluasi perkembangan dan kemampuan anak. Home visits dilaksanakan secara insidental dengan mengunjungi rumah dari orang tua; 2) media komunikasi dalam layanan program parenting yaitu buku penghubung, pertukaran informal, media sosial, layanan telepon, rekaman video dan foto, serta buletin; 3) guru memiliki peran yang sangat kuat sama halnya dengan orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini; 4) hambatan yang ada timbul dari pemanfaatan waktu yang kurang baik, kesibukan orang tua dalam bekerja, dan kondisi kesehatan orang tua; dan 5) manfaat yang diperoleh yaitu terciptanya hubungan yang baik antara orang tua dengan guru, bertambahnya wawasan mengenai perkembangan anak, dan menambah rasa percaya diri orang tua dalam menerima ABK.

 

Kata kunci: program parenting, pendidikan inklusif, layanan program


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.