PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG PADA KELOMPOK B TKIT AL FARABI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ulfiani Murputriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung anak usia dini, tujuan kedua untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter anak usia dini dalam ekstrakurikuler angklung kelompok B TKIT Al Farabi Kasihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, pelatih ekstrakurikuler angklung, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: 1) Penerapan pendidikan karakter  anak usia dini dalam ekstrakurikuler angklung sudah dilakukan di kelompok B TKIT Al Farabi Kasihan Bantul Yogyakarta mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam ekstrakurikuler angklung di TK ada 8 nilai pendidikan karakter dengan 3 nilai karakter yang dominan muncul yaitu; nilai disiplin, nilai kerjasama, dan nilai tanggung jawab. 2) Faktor pendukung pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung meliputi: sarana dan prasarana, papan slogan dan poster pembiasaan, dan faktor penghambat pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler angklung meliputi: perbedaan kondisi suasana hati peserta didik pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung dan waktu kegiatan ekstrakurikuler yang terbatas.

 

Kata kunci: pendidikan karakter,  angklung, TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.