PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA LEDOK 2

Lestari Lestari

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat pada anak kelompok B TK ABA Ledok 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (cheklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase mencapai ≥75% dari jumlah anak kelompok B berada pada kriteria baik. Persentase rata-rata keterampilan motorik halus mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan di awal kegiatan, membuat lipatan yang lebih variatif, serta melakukan kegiatan melipat dengan cara terus berlatih secara berulang-ulang. Kondisi awal menunjukkan keterampilan motorik halus melipat sebesar 53,84%, meningkat pada Siklus I menjadi 64,10% dan pada Siklus II mencapai 79,48%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok B TK ABA Ledok 2 melalui kegiatan melipat telah berhasil.

 

Kata Kunci: motorik halus dan melipat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.