EVALUASI PROGRAM CLEANLINESS, HEALTH, SAFETY, AND ENVIRONMENT SUSTAINABILITY DALAM MEWUJUDKAN QUALITY TOURISM DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA

Ibnu Irawan, Fransisca Winarni

Abstract


Pemerintah meluncurkan program Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam berwisata. Evaluasi kebijakan dilakukan untuk melihat kinerja dari program ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil evaluasi program CHSE dalam mewujudkan pariwisata berkualitas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi pengelola museum, LSUP PT Sucofindo Kantor Cabang Semarang, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dan wisatawan. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program CHSE di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta cukup mampu memberikan dampak pada kembalinya kepercayaan publik untuk berwisata. Hal itu tampak pada kenaikan jumlah kunjungan wisatawan setelah mengikuti program ini. Namun seiring berjalannya waktu program ini cenderung dilonggarkan. Antusiasme usaha pariwisata dalam mengikuti program ini terlihat menurun. Syarat yang ada di dalamnya masih diadaptasi dari aturan sebelumnya sehingga kurang relevan untuk diterapkan saat ini. Untuk itu diperlukan adanya pembaruan klausul pada masing-masing dimensi CHSE agar tetap relevan di masa mendatang.

Full Text:

PDF

References


Aynalem, S., Birhanu, K., & Tesefay, S. (2016). Employment Opportunities and Challenges in Tourism and Hospitality Sectors. Journal of Tourism & Hospitality, 05(06). https://doi.org/10.4172/2167-0269.1000257

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Wisatawan Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik .

Dinas Pariwisata DIY. (2022). Statistik Kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta 2021. Yogyakarta: Dinas Pariwisata DIY.

Hanifa, N., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Peran dan Kebijakan Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 9–19. Diambil dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare

Kusubandio, W. (2020). Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia. Studi Mengenai Covid-19, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edition). United State of America: SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1).

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zuraya, N. (2020). Pemerintah Anggarkan Rp 3,8 T untuk Pulihkan Pariwisata. Diambil dari https://sindikasi.republika.co.id/berita/qf08yy383/network




DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v8i3.20717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress