INOVASI PELAYANAN AKTA KELAHIRAN MELALUI EGOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA YOGYAKARTA

Eko Kurnia Putri, Argo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami inovasi dan mengetahui faktor pendukung dan
penghambat inovasi pelayanan akta kelahiran melalui e-Government. Desain penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini dianggap mampu
menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi
Pelayanan Akta Kelahiran melalui E-Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Yogyakarta belum optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari lima indikator inovasi pelayanan publik
menurut Rogers yaitu kebaruan, kesesuaian inovasi, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan
diamati. Dari kelima indikator tersebut, hal yang menunjukkan belum optimalnya inovasi pelayanan
publik yaitu: 1) jumlah pengguna akta kelahiran online rendah, 2) inovasi pelayanan yang ditawarkan
pemerintah terlalu banyak, 3) belum ada petugas khusus yang melayani akta kelahiran online, 4)
pelaksanaan pelayanan akta kelahiran online yang masih parsial, 5) ketidaktahuan masyarakat terkait
inovasi pelayanan akta kelahiran online. Dalam inovasi pelayanan akta kelahiran melalui eGovernment
yang
dilakukan
Dinas
Kependudukan
dan
Pencatatan
Sipil
Kota
Yogyakarta
juga
terdapat

berbagai
faktor
pendukung
dan
penghambat
inovasi
pelayanan
akta
kelahiran.

 

Kata
kunci:
inovasi,
akta
kelahiran,
e-Government

 

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v3i3.12669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress