Indexing metadata

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Intan Tri Wahyuni; Universitas Negeri Yogyakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Anggi Tias Pratama; Universitas Negeri Yogyakarta; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) augmented reality; lkpd; motivasi belajar; pemahaman konsep; virus
 
4. Description Abstract

LKPD merupakan perangkat pembelajaran yang berupa lembaran berisi panduan untuk menuntun peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar seperti melakukan pengamatan, penyelidikan, pengukuran, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan. Namun, LKPD yang digunakan oleh peserta didik kurang sesuai dengan LKPD yang seharusnya dan hanya berisi sekumpulan pertanyaan. Materi virus menjadi materi yang dianggap rumit oleh peserta didik karena objek yang tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga LKPD bermuatan AR dapat digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran yang yang meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, 2) mengetahui kelayakan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Namun, penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasa nsehingga hanya sampai pada tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk LKPD bermuatan AR yang dikembangkan layak dan praktis digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Negeri Yogyakarta
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2024-03-31
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.student.uny.ac.id/jeb/article/view/20364
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20364
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal Edukasi Biologi; Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.