PENGEMBANGAN MEDIA E-KONSELING SEBAGAI PENUNJANG PENYELENGGARAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Muhamad Nur Chozin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan penggunaan media e-konseling, prototipe media e-konseling, dan kelayakan media e-konseling dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling (BK) di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas  X SMAN 4 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media e-konseling dibutuhkan oleh guru BK dan siswa sebagai penunjang penyelenggaraan layanan BK di SMAN 4 Yogyakarta. Prototipe media e-konseling yang dibutuhkan meliputi ragam layanan berupa layanan artikel informatif, layanan pelaporan permasalahan, dan asesmen awal konseling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa media yang dikembangkan bersifat sangat layak dengan skor 4,67 pada aspek media, dan 4,13 pada aspek materi. Siswa menyampaikan bahwa layanan artikel informatif, laporkan, dan asesmen awal konseling dapat mendukung penyelenggaraan layanan BK.

 

Kata kunci: E-konseling, Manajemen Pendidikan, Layanan Bimbingan dan Konseling

 

Abstract

This study aims to determine the use of e-counseling media, media e-counseling prototypes, and the benefits of e-counseling media in the provision of guidance and counseling (GC) services at SMAN 4 Yogyakarta. This research is research and development (R & D) with the ADDIE development model (analyze, design, develop, implementation, evaluation). The subjects of this study were grade X students of SMAN 4 Yogyakarta. The results of the study show that the use of e-counseling media is needed by GC teachers and students as supporting GC service delivery at SMAN 4 Yogyakarta. The prototype of e-counseling media needed includes a range of services in the form of informative articles, problem reporting services, and initial counseling assessments. Based on the results of the study, data were obtained that the developed media were very feasible with a score of 4.67 on the media aspect, and 4.13 on the material aspects. Students also convey that informative article services, report, and initial counseling assessments can support the implementation of GC services.

 

Keywords: E-counseling, Education Management, Guidance and Counseling Services


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.