PENGARUH PARTISIPASI KEPANDUAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN

Zahra Annisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi kepanduan Hizbul Wathan terhadap perilaku prososial pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Populasi penelitian sebesar 258 dengan sampel penelitian sebanyak 129. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dilanjutkan uji konsistensi item dengan product momment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach diperoleh nilai koefisien alpha 0,861 pada instrumen partisipasi kepanduan Hizbul Wathan dan 0,893 pada instrumen perilaku prososial. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa partisipasi kepanduan Hizbul Wathan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku prososial pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Hal ini ditunjukan berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai alpha 0,05, artinya perilaku prososial memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial pada siswa dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,640 dan koefisien determinasi 40,9%.


Kata kunci
: perilaku prososial, Hizbul Wathan

Abstract

The purpose of this study was to determinate the effect of kepanduan Hizbul Wathan participation towards prosocial behaviour of student in Muhammadiyah 2 Depok Junior High School. This research was quantitative research. The subject of this research was students of class VII, VIII and IX of Muhammadiyah 2 Depok Junior High School as many as 129 students. The technique of data collection was psycological scale. Validity test of instrument was using expert judgement followed by item consistency test with product moment. Reliability test of instrumen used alpha cronbach, the coefficient value is 0,861 on kepanduan Hizbul Wathan participation instrumen and 0,893 on prosocial behaviour instrument. Data analysis in this research used simple linier regression analysis. The simple linier regression showed that: kepanduan Hizbul Wathan participation has positif effect and significant towards prosocial behaviour of student in Muhammadiyah 2 Depok Sleman Junior High School based on significant value (Sig) 0,000 smaller than alpha value 0,05 with correlation coefficient (R) 0,640 and a coefficient of determination 40,9%.

.

Keyword: prosocial behaviour, Hizbul Wathan


Full Text:

PDF

References


Arifin, B. S. (2015). Psikologi sosial. Bandung. Pustaka Setia.

Djojodibroto, R. D. (2012). Pandu ibuku: Mengajarkan budi pekerti membangun karakter bangsa. Jakarta. Pustaka Obor.

Kenanga. F. Pengaruh partisipasi dalam ekstrakulikuler pramuka terhadap perilaku prososial siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9,(2), 132-13.

Luanda, A., Isti’adah, F. N. L., & Nugraha, A. (2020). The senior year students’ persistence profile of UMTAS (University of Muhammadiyah Tasikmalaya). ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(2).

Muhammadiyah. Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan kepanduan Hizbul Wathan Tahun 2016.

Myers, D. G. (2010). Psikologi sosial. (Terjemahan Tusyani, A. dkk) Jakarta. Salemba.

Sears, D. O., Freedman, J, L dan Peplau, L.A. (2005). Psikologi sosial. Edisi Kelima Jiid Dua. Jakarta. Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.