EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI OTOT UNTUK MEMBANTU SISWA MENGURANGI STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 SEWON

Tinutur Restu Dwitama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik relaksasi otot untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala stres belajar. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 17,118 lebih besar dari ttabel 2,000 (17,118>2,000) dan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih kecil dari pada nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol (86,12<124,00) menunjukkan jika teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon.

 

Kata Kunci: efektifitas, teknik relaksasi otot, dan stres belajar

 

Abstract                                 

This study aims to determine the effectiveness of muscle relaxation techniques to reduce learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon. This research is a quasi-experimental study with pretest posttest control group design. The sample of the study were students of class XI MIPA 2 of SMA N 1 Sewon as many as 34 students as an experimental class and students of class XI IPS 3 of SMA N 1 Sewon as many as 34 students as a control class. Data collection techniques use learning stress scale. Data analysis techniques using paired t test. The results showed that muscle relaxation techniques were effective for reducing learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon. This is shown from the value of tcount of 17.118 greater than ttable 2,000 (17.118>2,000) and the significance of 0.000<0.05. The posttest mean value in the experimental class was smaller than the mean value in the posttest control class (86.12<124.00) indicating that the muscle relaxation technique was effective in reducing learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon.

 

Keywords: effectiveness, muscle relaxation techniques, and learning stres

Full Text:

PDF

References


Charleswort, E.A. & Nathan, R.G. (1996). Manajemen Stres dengan Teknik Relaksasi. Jakarta: Abdi Tandur.

Gibson, Ivancevich, Donnelly. (1996). Organisasi Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Binarupa Aksara.

IPt. Edi Sutarjo, Dewi Arum WMP, Ni. Kt. Suarni. (2014). “Efektifitas teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurukan Burnout Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Sigaraja Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. E-journal Undiksa. Volume: 2 No 1.

Izzaty, R.E dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kusumawati, Z. E. & Christiana, E. (2014). Penerapan kombinasi antara teknik relaksa dan self- intruction untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya Jurnal BK UNESA, 05(01), 1-10

Looker, T. & Gregson, O. (2005). Managing Stres (Mengatasi Stres Secara Mandiri). (Terjemahan Haris Setiawati). Yogyakarta: Baca. (Edisi asli diterbitkan tahun 2004 oleh Teach Yourself Book. London).

Prawitasari, J.E. (2011). Psikologi klinis: pengantar terapan mikro & makro. Jakarta: Erlangga.

Setyaningsih, D. & Muis, T. (2012). “Pengaruh Penerapan Kombinasi Musik Klasik Dan Latihan Relaksasi Untuk Menurunkan Stress Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya”. Penelitian Bimbingan Dan Konseling. Diakses dari http://dokumen.tips/download/link/pengaruh-penerapan-kombinasi-musik-klasik-dan-latihan-relaksasi-untuk-menurunkan pada tanggal 10 Juni 2017 pukul 16.26 WIB.

Supendi, R. P. (2020). Analysis of underachieving students’ problems and the given guidance. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.