Upaya dan Faktor Penghambat Guru PPKn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMPN 03 Paguyangan

Talita Hana Salsabila, sri hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Guru PPKn dalam meningkatkan  minat belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 03 Paguyangan pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui berbagai hambatannya.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah Guru PPKn dan siswa kelas IX di SMPN 03 Paguyangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengesahan data menggunakan triangulasi, analisis data dilakukan secara induktif, melalui reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar pada pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu memperjelas tujuan yang ingin dicapai, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan reward, memberikan penilaian, memberikan komentar yang positif, menciptakan persaingan dan kerjasama yang positif. Hambatan Guru PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembbelajaran tatap  muka terbatas di Smpn 03 Paguyangan pada masa pandemi Covid-19: keterbatasan waktu yang tersedia, sarana dan prasareana yang kurang memadai, sebagian siswa menyepelekan tugas, sebagian siswa kurang disiplin dalam pelaksanaan tugas kelompok.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.