ASPEK STRUKTUR MIKRO SEMANTIK PADA RUBRIK “PERSEPSI” DALAM BULETIN EXPEDISI TAHUN 2016

Ritma Widyastanti

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek struktur mikro semantik yang terdapat pada rubrik “Persepsi” dan skema yang digunakan penulis dalam merepresentasi kognisi sosial pada teks rubrik “Persepsi” dalam buletin Expedisi tahun  2016 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekspresi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks dalam rubrik “Persepsi” pada buletin Expedisi tahun 2016 sebanyak 14 wacana rubrik. Penelitian difokuskan pada aspek struktur mikro semantik dan skema kognisi sosial dengan menggunakan wacana Van Dijk. Metode pengumpulan data  diperoleh dengan metode simak dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Setiap data ditemukan aspek latar, detil, maksud, dan praanggapan. Aspek latar ditentukan dari hasil menarik kesimpulan teks rubrik “Persepsi” sehingga diperoleh suatu paragraf yang mewakili  latar dalam setiap rubrik “Persepsi”, di mana mengandung makna ketidaksetujuan penulis terhadap peristiwa yang menjadi masalah di UNY.  Aspek detil, sasaran lebih banyak mengarah pada Pengambil Kebijakan serta citra yang diuraikan pada setiap rubrik negatif karena opini ini membahas masalah yang ada di UNY bukan keberhasilan apa yang dicapai di UNY. Aspek maksud, penulis menginginkan adanya pembenahan dari masalah yang menjadi kejanggalan di UNY dengan membuat pembaca ikut menyetujui terhadap makna yang disampaikan. Aspek praanggapan lebih banyak menggunakan anggapan penulis sendiri daripada menggunakan praanggapan yang sudah diketahui umum, untuk mendukung opini penulis terhadap masalah yang ada di UNY. (2) Semua rubrik “Persepsi” menggunakan skema peristiwa karena dalam rubrik ini penulis merepresentasikan apa yang diketahui, dipahami dari pengetahuan tentang realitas suatu peristiwa sehingga penulis dalam membuat opini melihat dari sudut pandang  masalah apa dalam peristiwa yang pernah ada di UNY tahun 2016.  

Kata kunci: struktur mikro semantik, dan skema kognisi sosial

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Pnelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darma, Yoce Aliah. 2014. Analisis Wacana Kritis dalam Multiperspektif. Bandung: PT Refika Aditama.

Eriyanto. 2009. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS

Hayon, Jesep. 2007. Membaca dan Menulis Wacana. Jakarta: GRASINDO

Lubis, A. Hamid Hasan. 1993. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: ANGKASA

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar- Ruzz- Media

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya

M. Junaiyah H, Arifin, E. Zaenal. 2010. Keutuhan Wacana. Jakarta: GRASINDO

Pateda, Mans oer, Dr. 1994. Sosiolinguistik. Bandung: ANGKASA

Sugono, Dendy, dkk.2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sumarsono. 2007. Pengantar Semantik. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Tarigan, H. G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung:ANGKASA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.